Rabu, 25 Desember 2024

Strtegi Guru PPKn Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo

 Oleh Safrin Lamusrin

Guru memainkan peran yang sangat kompleks dalam pembelajaran di dalam kelas, guru mempunyai tugas sebagai managerial dan bukan saja sebagai pendidik atau pengajar, maksudnya adalah guru sebagai managerial atau pemimpin adalah menenteukan ritem alur jalannya suatu prises pembelajaran di dalam kelas. Guru juga dituntutut untuk menciptakan iklim yang sejuk di dalam kelas seperti menentukan strategi pembelajaran yang digunakan oleh pendidik akan peserta didik tidak bosan di dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Oleh karena itu perlukannya strategi pembelajaran yang menarik dan bervariasi di dalam kelas agar peserta didik tidak mudah bosan sehingga menciptakan kebetahan di dalam kelas. Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda, jadi strategi pembelajaran bertujuan untuk membuat proses belajar lebih mudah dan efisien. Menurut Menurut J. R David dalam (Wijoyo & Haudi, 2021) menjelaskan Strategi pembelajaran adalah rencana yang mencakup kumpulan aktivitas atau langkah-langkah yang dirancang secara sistematis untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Dalam hal ini, strategi pembelajaran tidak hanya mencakup metode atau teknik yang digunakan dalam proses pengajaran, tetapi juga mencakup cara untuk meningkatkan motivasi siswa, membuat lingkungan belajar yang efektif, dan memilih materi yang tepat untuk tujuan pembelajaran.

            Pendidik menggunakan strategi pembelajaran, sebuah rencana atau pendekatan yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan cara yang efektif dan efisien. Strategi ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, mengarahkan peserta didik untuk mencapai kemampuan yang diinginkan, dan memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik. Strategi pembelajaran yang baik membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Dengan menggunakan pendekatan yang tepat, seperti diskusi, demonstrasi, atau penggunaan teknologi, siswa dapat lebih mudah memahami konsep yang diajarkan. strategi pembelajaran memegang peranan penting dalam pembelajaran selain keterampilan guru dalam mengelolanya di kelas. Peranan strategi pembelajaran terlihat dari status siswa dalam pembelajaran yang semakin fokus(Adha et al., 2024).

            Temuan menunjukkan bahwa strategi guru PPKn dalam proses pembalajaran sangatlah berfariasi, temuan ini didapatkan berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan oleh beberapa siswa, temuan menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru PPkn adalah Problem Based Learning, dan Kooperatif Learning dengan metode ceramah dan disekusi. Peserta didik paling banyak mengkaji isu-isu yang kemudian di presentasikan dan di diskusikan di dalam kelas.

            Dalam proses pembelajaran Guru PPKn menggunakan media proyektor untuk menampilkan materi, Peserta didik diperintahkan untuk membuat Power point menggunakan aplikasi canva ata semacamnya untuk membuat Power Point yang kemudian ditampilkan melalui proyektor. lanjutnya  pembuatan tugas berikutnya bukan hanya power point menggunakan aplikasi canva melainkan pembuatan poster yang berkaitan dengan mater, penggunaan Google Drive menjadi media  bantu untuk mengumpulkan tugas poster.

            Selain tugas Power Point, Poster, pembuatan video yang membahas tentang materi menjadi tugas untuk peserta didik yang harus dikerjakan, dalam penyerahan tugas video ini, guru PPkn memanfaatkan aplikasi Instagram untuk peserta didik menguplod tugas mereka di akun instagram masing-masing dengan meneyebutkan akun guru PPkn.

            Berdasarkan temuan-temuan tersebut memperlihatkan bahwa guru PPKn menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, tugas yang menarik dan penggunaan media sosial, google Drive untuk keberlangsungan dalam proses pembelajaran ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran sangat penting dilakukan untuk membangkitkan gairah semangat peserta didik. Pembelajaran yang dirancang dengan baik dapat membuat siswa lebih termotivasi. Pendekatan seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, atau pembelajaran berbasis masalah dapat membuat siswa lebih terlibat dalam kelas. Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar jika mereka melihat relevansi materi dengan kehidupan mereka dan merasa terlibat secara aktif.

            Seperti yang kita ketahui, motivasi belajar memberikan pengaruh yang sangat signifikan bagi hasil kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Untuk itu pentingnya meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berbagai aspek dapat dicapai dengan maksimal. menentukan strategi yang tepat, tentunya akan membuat motivasi pada siswa menjadi lebih tinggi, dengan guru yang menciptakan suasana belajar yang menarik sesuai dengan materi yang akan diberikan, Tetapi sebelum itu, langkah awal yang perlu dilakukan adalah pada bagian kegiatan awal yang perlu dilaksanakan dengan menarik sehingga akan memberikan motivasi pada siswa untuk belajar (Ningsih, 2023).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar