Oleh Safrin Lamusrin
Guru memainkan
peran yang sangat kompleks dalam pembelajaran di dalam kelas, guru mempunyai
tugas sebagai managerial dan bukan saja sebagai pendidik atau pengajar,
maksudnya adalah guru sebagai managerial atau pemimpin adalah menenteukan ritem
alur jalannya suatu prises pembelajaran di dalam kelas. Guru juga dituntutut
untuk menciptakan iklim yang sejuk di dalam kelas seperti menentukan strategi
pembelajaran yang digunakan oleh pendidik akan peserta didik tidak bosan di
dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Oleh karena itu
perlukannya strategi pembelajaran yang menarik dan bervariasi di dalam kelas
agar peserta didik tidak mudah bosan sehingga menciptakan kebetahan di dalam
kelas. Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda, jadi strategi
pembelajaran bertujuan untuk membuat proses belajar lebih mudah dan efisien.
Menurut Menurut J. R David dalam (Wijoyo & Haudi, 2021) menjelaskan Strategi pembelajaran
adalah rencana yang mencakup kumpulan aktivitas atau langkah-langkah yang
dirancang secara sistematis untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Dalam
hal ini, strategi pembelajaran tidak hanya mencakup metode atau teknik yang
digunakan dalam proses pengajaran, tetapi juga mencakup cara untuk meningkatkan
motivasi siswa, membuat lingkungan belajar yang efektif, dan memilih materi
yang tepat untuk tujuan pembelajaran.
Pendidik
menggunakan strategi pembelajaran, sebuah rencana atau pendekatan yang
dimaksudkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan cara yang efektif dan
efisien. Strategi ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang
menyenangkan, mengarahkan peserta didik untuk mencapai kemampuan yang
diinginkan, dan memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik. Strategi
pembelajaran yang baik membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Dengan
menggunakan pendekatan yang tepat, seperti diskusi, demonstrasi, atau
penggunaan teknologi, siswa dapat lebih mudah memahami konsep yang diajarkan.
strategi pembelajaran memegang peranan penting dalam pembelajaran selain
keterampilan guru dalam mengelolanya di kelas. Peranan strategi pembelajaran
terlihat dari status siswa dalam pembelajaran yang semakin fokus(Adha et al., 2024).
Temuan
menunjukkan bahwa strategi guru PPKn dalam proses pembalajaran sangatlah
berfariasi, temuan ini didapatkan berdasarkan observasi awal dan wawancara yang
dilakukan oleh beberapa siswa, temuan menunjukkan bahwa model pembelajaran yang
digunakan oleh guru PPkn adalah Problem Based Learning, dan Kooperatif Learning
dengan metode ceramah dan disekusi. Peserta didik paling banyak mengkaji
isu-isu yang kemudian di presentasikan dan di diskusikan di dalam kelas.
Dalam
proses pembelajaran Guru PPKn menggunakan media proyektor untuk menampilkan
materi, Peserta didik diperintahkan untuk membuat Power point menggunakan
aplikasi canva ata semacamnya untuk membuat Power Point yang kemudian
ditampilkan melalui proyektor. lanjutnya
pembuatan tugas berikutnya bukan hanya power point menggunakan aplikasi
canva melainkan pembuatan poster yang berkaitan dengan mater, penggunaan Google
Drive menjadi media bantu untuk mengumpulkan
tugas poster.
Selain
tugas Power Point, Poster, pembuatan video yang membahas tentang materi menjadi
tugas untuk peserta didik yang harus dikerjakan, dalam penyerahan tugas video
ini, guru PPkn memanfaatkan aplikasi Instagram untuk peserta didik menguplod
tugas mereka di akun instagram masing-masing dengan meneyebutkan akun guru
PPkn.
Berdasarkan
temuan-temuan tersebut memperlihatkan bahwa guru PPKn menggunakan model
pembelajaran yang bervariasi, tugas yang menarik dan penggunaan media sosial, google
Drive untuk keberlangsungan dalam proses pembelajaran ini menunjukkan bahwa
strategi pembelajaran sangat penting dilakukan untuk membangkitkan gairah
semangat peserta didik. Pembelajaran yang dirancang dengan baik dapat membuat
siswa lebih termotivasi. Pendekatan seperti pembelajaran berbasis proyek,
diskusi kelompok, atau pembelajaran berbasis masalah dapat membuat siswa lebih
terlibat dalam kelas. Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar jika mereka
melihat relevansi materi dengan kehidupan mereka dan merasa terlibat secara
aktif.
Seperti
yang kita ketahui, motivasi belajar memberikan pengaruh yang sangat signifikan bagi
hasil kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Untuk itu pentingnya
meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berbagai aspek dapat dicapai
dengan maksimal. menentukan strategi yang tepat, tentunya akan membuat motivasi
pada siswa menjadi lebih tinggi, dengan guru yang menciptakan suasana belajar
yang menarik sesuai dengan materi yang akan diberikan, Tetapi sebelum itu,
langkah awal yang perlu dilakukan adalah pada bagian kegiatan awal yang perlu
dilaksanakan dengan menarik sehingga akan memberikan motivasi pada siswa untuk
belajar (Ningsih, 2023).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar